KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur penulis ucapkan kehadiran Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Solawat dan salam tidak lupa pula
penulis hadiahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
Makalah ini berjudul “Belajar Motorik dan
Belajar Gerak” yang merupakan tugas pada mata kuliah motorik dasar, peulis
menyadari masih banyak terdapat kekurangan pada makalah ini, baik dari segi isi
maupun penampilan.
Untuk ini penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semua untuk
menyempurnakan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
Amin…….
Padang, 28 September 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..............................................................................................
i
DAFTAR
ISI...........................................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang...................................................................................
1
1.2 Tujuan
Penelitian.........................................................................
....... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Belajar Motorik..................................................................................
2
2.1 Pengertian
Belajar.........................................................................
2
2.2 Pengertian
Motorik.......................................................................
2
B. Belajar
Gerak.....................................................................................
2
3.1 Pengertian
Gerak..........................................................................
2
3.2 Pengertian Belajar Gerak..............................................................
3
C. Belajar Gerak Menurut Para
Ahli........................................................ 3
4.1 Gagne
1947..................................................................................
3
4.2 Romiszowski
1981....................................................................... 3
4.3 Rabb
1972...................................................................................
3
4.4 Weineck
1983..............................................................................
3
D. Proses Terjadinya
Gerak..................................................................... 3
5.1 Tahap
Kognitif..............................................................................
4
5.2 Tahap Asosiatif /
Fiksasi............................................................... 4
5.3 Tahap
Otomatis............................................................................
4
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan.........................................................................................
5
3.2
Saran..................................................................................................
5
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam kehidupan manusia sehari-hari gerak sangat dibutuhkan untuk
melakukan aktifitas, baik fisik maupun psikis. Apa yang kita lakukan
sehari-hari sangat berhubungan dengan gerak. Karena gerak suatu alat kendali
dalam kehidupan manusia.
1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini adalah untuk melengkapi Tugas
Mata Kuliah Motorik Dasar dan untuk menambah wawasan mengenai pengertian
belajar motorik dan belajar gerak serta proses terjadinya gerak.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Belajar Motorik
2.1 Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang potensial
terhadap situasi tertentu yang diperoleh dari pengalaman yang dilakukan secara
berulang-ulang. Hilgard, (1981).
Menurut Inger (1980), belajar adalah perubahan-perubahan perilaku yang
potensial yang tercermin sebagai akibat dari latihan dan pengalaman masa lalu
terhadap situasi tugas tertentu. Belajar menurut pendapat ahli lain adalah
perubahan tingkah laku atau perubahan kecakapan yang mampu bertahan dalam waktu
tertentu dan bukan berasal dari proses pertumbuhan.
2.2 Pengertian Motorik
Motorik adalah suatu peristiwa laten yang
meliputi keseluruhan proses-proses pengendalian dan pengaturan fungsi-fungsi
organ baik tubuh secara fisiologis maupun secara psikis yang menyebabkan
terjadinya suatu gerak.
B. Belajar Gerak
3.1 Pengertian Gerak
Dalam ilmu fisika, gerak diartikan sebagai
suatu proses perpindahan suatu benda dari suatu posisi keposisi lain yang dapat
diamati secara objektif dalam suatu dimensi ruang dan waktu.
Gerak adalah perpindahan suatu benda dari
suatu tempat ke posisi ketempat yang lain yang dapat diamati secara objektif
dalam suatu dimensi ruang dan waktu (fisika). Gerak adalah perubahan tempat
posisi dan kecepatan tubuh atau bagian manusia yang terjadi dalam suatu dimensi
ruang dan waktu serta dapat diamati secara objektif (belajar motorik).
3.2 Pengertian Belajar Gerak
Belajar gerak, secara khusus dapat diartikan
sebagai suatu proses perubahan atau modifikasi tingkah laku individu akibat
dari latihan dan kondisi lingkungan (Drowarzky, 1981).
C. Belajar Gerak Menurut Para
Ahli
4.1 Gagne, 1977:3
Belajar gerak adalah sebagai tingkah laku
atau perubahan kecakapan yang mampu bertahan dalam jangka waktu tertentu, dan
bukan berasal dari proses pertumbuhan.
4.2 Romiszowski, 1981:253
Belajar gerak adalah belajar yang diwujudkan
melalui respon-respon / maskular, yang pada umumnya diekspedisikan dalam gerak
tubuh atau bagian tubuh.
4.3 Rabb, 1972
Belajar gerak merupakan suatu pengaturan
kembali pola gerak dasar yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku gerak
yang terjadi, sebagai hasil latihan.
4.4 Weineck, 1983:71
Tugas utama dari belajar gerak adalah
penerimaan segala informasi yang relevan tentang gerakan-gerakan yang
dipelajari, kemudian mengolah dan menyusun informasi tersebut memungkinkan
suatu realisasi secara optimal.
D. Proses Terjadinya Gerak
Dalam proses belajar gerak ada tiga tahapan
belajar yang harus dilalui oleh siswa untuk dapat mencapai tingkat keterampilan
yang sempurna (otomatis). Tiga tahapan belajar gerak ini harus dilakukan secara
berurutan, karena tahap belajar prasyarat tahap belajar ketiga. Apabila ketiga
tahapan belajar gerak ini tidak dilakukan oleh guru pada saat mengajar
pendidikan jasmani, maka guru tidak boleh mengharap banyak dari apa yang selama
ini mereka lakukan, khususnya untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani yang
ideal.
5.1 Tahap Kognitif
Pada tahap ini setiap guru akan memulai
mengajar suatu keterampilan gerak, pertama kali yang harus dilakukan adalah
memberikan informasi untuk menanamkan konsep-konsep tentang apa yang akan
dipelajari oleh siswa dengan benar dan baik. Setelah siswa memperoleh informasi
tentang apa, mengapa, dan bagaimana cara melakukan aktifitas gerak yang akan
dipelajari, diharapkan di dalam benak siswa telah terbentuk motor-plan, yaitu
keterampilan intelektual dalam merencanakan cara melakukan keterampilan gerak.
5.2 Tahap Asosiatif/Fiksasi
Tahap ini juga sering disebut sebagai tahap
latihan. Pada tahap latihan ini siswa diharapkan mampu mempraktekkan apa yang
hendak dikuasai dengan cara mengulang-ulang sesuai dengan karakteristik gerak
yang dipelajari. Apakah gerak yang dipelajari itu gerak yang melibatkan otot
kasar atau otot halus atau gerak terbuka atau gerak tertutup?
5.3 Tahap Otomatis
Pada tahap ini telah dapat melakukan
aktifitas secara terampil, karena siswa telah memasuki tahap gerakan otomatis,
artinya, siswa dapat merespon secara cepat dan tepat terhadap apa yang
ditugaskan oleh guru untuk dilakukan. Tahap-tahap keterampilan gerak telah
memasuki tahapan otomatis adalah bila seseorang siswa dapat mengerjakan tugas
gerak tanpa berpikir lagi terhadap apa yang akan dan sedang dilakukan dengan
hasil yang baik dan benar.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi dari pembahasan makalah ini dapat
diketahui bahwa gerak dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan tingkah
laku yang relatif permanen sebagai akibat dari latihan atau pengalaman motorik
dapat diartikan sebagai suatu rangkaian peristiwa laten yang tidak dapat
diamati dari luar.
B. Saran
Setelah membaca makalah diharapkan. Kepada
pembaca agar dapat memahami apa itu belajar, motorik, gerak dan belajar gerak.
DAFTAR PUSTAKA
Asnaldi, Ari. 2008. Motorik Dasar. Padang :
UNP.
0 Response to "Belajar Motorik dan Belajar Gerak"
Post a Comment